d524f07f-e8da-4096-97ed-34e0701be57f_169Jakarta, RifanFinancindo – Ratusan warga Kampung Bonjing di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul terisolir. Penyebabnya, Jembatan Bonjing yang menjadi penghubung kampung ini dengan wilayah lain terputus.

“Ada sekitar 95 KK atau kurang lebih sebanyak 208 jiwa di Kampung Bonjing yang terisolir,” kata seorang warga Dusun Gelaran I, Agus (24) saat ditemui detikcom di Kampung Bonjing, Rabu (29/11/2017).

Agus menerangkan, di Kampung Bonjing terdapat tiga RT, yakni RT 06, 07 dan 08. Selama ini ketiga RT ini dipisahkan oleh Kali Oya. Untuk berhubungan dengan warga sekitar warga Kampung Bonjing harus melewati jembatan Bonjing.

“Jembatan Bonjing ini putus sekitar jam 13.00 WIB, Selasa (28/11/2017) kemarin,” paparnya.

Menurutnya, semenjak jembatan Bonjing terputus warga di Kampung Bonjing belum mendapatkan bantuan sama sekali. Baru siang ini berbagai bantuan dari pemerintah seperti bahan kebutuhan pokok dikirim melalui jasa relawan.

“Sebenarnya warga (Kampung Bonjing) bisa ke daerah lain, tetapi kalau warga mau lewat Kecamatan Nglipar. Namun memang warga harus putar arah dan jaraknya cukup jauh ya sekitar 30 kilometer,” jelasnya.

Karena jembatan Bonjing putus, Agus berharap pemerintah segera membantu warga terdampak. Bila intensitas hujan kembali normal dan tidak terjadi luapan di Kali Oya, dia berharap jembatan ini lekas diperbaiki. Untuk mendistribusikan logistik seperti makanan, warga dan relewan menggunakan tali untuk menyeberangkan.

“Karena jembatan ini adalah satu-satunya akses warga. Kalau tidak segera diperbaiki atau dibuat jalan penghubung sementara, warga (Kampung Bonjing) akan terus terisolir,” tutupnya. Rifan Financindo

sumber: detik

Baca juga:

Tinggalkan komentar