Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Doyan keju tapi khawatir tekanan darah tinggi? Studi ungkap sumber natrium dari olahan susu seperti keju justru sebenarnya baik bagi orang dengan tekanan darah tinggi lho.

Ya, peneliti Anna Stanhewicz dari Pennsylvania State University, menjelaskan bahwa konsumsi sumber natrium dari olahan susu seperti keju, dapat melindungi tubuh terhadap beberapa efek kelebihan natrium pada sistem kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi.

Menurut Stanhewicz, efek perlindungan ini berasal dari sifat antioksidan protein susu dalam keju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika sodium dikonsumsi dalam bentuk keju, maka tidak terjadi efek negatif pada pembuluh darah, seperti jika mengonsumsi natrium dari sumber bukan dari olahan susu.

“Kami menemukan bahwa ketika peserta studi mengonsumsi banyak natrium dari keju, mereka memiliki fungsi pembuluh darah yang lebih baik. Mereka juga memiliki aliran darah yang lebih baik, dibandingkan ketika mereka makan natrium dalam jumlah yang sama, tapi dari sumber yang bukan produk olahan susu. Dalam hal ini misalnya pretzel dan keju kedelai,” imbuh Stanhewicz, dikutip dari British Journal of Nutrition.

Peneliti lainnya dari Pennsylvania State University, Lacy Alexander, menambahkan bahwa hasil studi ini mungkin bisa membantu pasien dengan tekanan darah tinggi untuk menyusun menu dietnya.

Dalam studi ini, para peneliti melakukan studi dengan memberikan peserta keju susu, pretzel atau keju kedelai pada lima kesempatan terpisah selama tiga hari. Mereka kemudian membandingkan efek dari setiap makanan tersebut pada sistem kardiovaskular peserta. Hasil terbaik dimiliki pada mereka yang mengonsumsi keju susu.

“Rekomendasi diet umumnya menyarankan Anda untuk membatasi natrium, tetapi data kami menunjukkan bahwa makan natrium dalam bentuk produk susu, seperti keju, justru melindungi dan baik bagi tubuh,” tutur Alexander.

RifanFinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s