Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, sedang bersiap menempati posisi pemerintahan tertinggi di negeri Paman Sam itu. Salah satu hal yang jadi kekhawatirannya adalah, dia tak bisa memakai lagi ponsel Android yang sekarang dipegangnya.

“Pembantunya mengatakan kalau dia cemas tidak bisa memakai lagi ponsel Androidnya begitu dia tinggal di Gedung Putih dan bertanya-tanya akan seperti apa dia akan terisolasi dan apakah dia masih bisa berhubungan dengan teman-temannya tanpa ponsel itu,” tulis New York Times mengutip sumber terkait.

Tidak dijelaskan ponsel Android apa yang dimiliki Trump. Tapi kemungkinan besar dia memakai handset buatan Samsung. Awal tahun ini kala memprotes kelakuan Apple yang tak mau menyerahkan data ponsel iPhone milik tersangka penembakan massal San Bernadino, Trump mengungkap jenis smartphone yang dipakainya.

“Aku menggunakan baik iPhone dan Samsung. Jika Apple tidak memberikan info kepada otoritas soal teroris, aku hanya akan menggunakan Samsung sampai mereka memberikannya,” tulis Trump di Twitter ketika itu.

Sebagai presiden AS, sudah pasti ponsel yang dipakai Trump akan dibekali keamanan super ketat. Belum jelas apakah ia masih dapat memakai ponsel yang sekarang dipakainya atau harus menggunakan model baru yang ditetapkan aparat keamanannya.

Di pihak lain, Presiden Barack Obama yang digantikan Trump diketahui lama memakai BlackBerry yang dilindungi keamanan tingkat tinggi. Namun pertengahan tahun ini, Obama menyatakan sudah tidak lagi memakai BlackBerry.

Obama memang tak mengungkap ponsel baru apa yang dipakainya. Namun sampai saat ini baru satu ponsel yang mendapat sertifikasi Departemen Pertahanan AS, yaitu Galaxy S4, sehingga kemungkinan model ini yang dia pakai. Demi alasan keamanan, ponsel itu tak bisa melakukan panggilan keluar, mengirim pesan, mengambil foto atau memutar musik.

RifanFinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s