Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Arkeolog Australia berhasil menemukan gigi dari hewan purba Diprotodon yang sudah punah, marsupial menyerupai wombat raksasa, di sebuah rawa di Utara Melbourne.

Sebuah tim arkeolog dan palaeontolog dari sejumlah universitas di Victoria, pemilik lahan tradisional dan Museum Victoria melakukan penggalian di Rawa Lancefield pekan ini. Dr Jillian Garvey mengatakan hewan purba Diprotodon, merupakan spesies marsupial terbesar yang pernah diketahui dengan bobot tubuh sekitar 1 ton.

“Ia merupakan marsupial terbesar yang pernah hidup dan memiliki ukuran sebesar kendaraan roda empat atau seekor badak,” papar Dr Jillian Garvey.

“Kami berhasil menemukan beberapa potongan yang merupakan bagian kecil dari serpihan. Gigi seri mereka cukup panjang dan [ukuran] mereka besar.”

“Gigi geraham mereka sekitar 1,5 inci.”

Tim penggali juga menemukan gigi dan tulang tungkai dari Macropus Titan, kangguru raksasa yang sudah punah dan artefak Aborigin.

Universitas La Trobe mengatakan penggalian sebelumnya di Rawa Lancefield berhasil menemukan kerangka kangguru raksasa, hewan menyerupai wombat seukuran badak dan singa berkantung.

“Pada tahun 1970-an diduga kalau sebagian dari fosil ini berusia cukup muda sekitar 25.000 tahun tapi baru-baru ini sejumlah orang menduga fosil ini kemungkinan berusia sekitar 50.000 hingga 80.000 tahun,” ucap Dr Garvey.

Ada 5 lubang di lokasi penggalian, masing-masing sedalam sekitar 2 meter, endapan galian itu dikumpulkan yang akan dianalisa untuk mengungkapkan seperti apa penampakan lansekap di kawasan tersebut ribuan tahun yang lalu.

RifanFinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s