Jakarta, Rifan Financido – Sejak awal, Bluetooth 5 diprediksi akan mempunyai kecepatan yang lebih kencang dan jangkauan yang lebih luas. Namun kini terungkap seberapa besar peningkatan kecepatan dan jangkauan pada teknologi nirkabel itu.

Spesifikasi ini dirilis oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG) yang merupakan adalah tim di balik pengembangan Bluetooth. Menurut mereka, Bluetooth 5 punya jangkauan 4 kali lipat lebih besar ketimbang Bluetooth 4, dengan kecepatan 2 kali lipat lebih tinggi.

Selain itu, modul standardisasi Bluetooth anyar ini juga menawarkan koneksi yang lebih stabil, tenaga yang lebih besar dan keamanan lebih tinggi, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (8/12/2016).

Menurut Bluetooth SIG, perangkat dengan koneksi Bluetooth yang nantinya hadir akan mempunyai kualitas lebih baik, dan muncul di berbagai industri seperti wearable, industrial, otomatisasi rumah, dan pasar enterprise. Perangkat dengan standardisasi Bluetooth 5 sendiri diperkirakan akan mulai hadir pada 2 sampai 6 bulan ke depan.

“Dengan jangkauan 4 kali lipat, kecepatan 2 kali lipat dan kapasitas mengirim pesan 8 kali lebih besar, peningkatakan kemampuan Bluetooth 5 berfokus pada meningkatkan fungsi Internet of Things (IoT),” tulis Bluetooth SIG dalam pernyataannya.

Dalam keterangan persnya itu, Bluetooth SIG juga menyebut dua dari tiga konsumen lebih menyukai perangkat yang mempunyai teknologi Bluetooth. Pada 2020, diperkirakan akan ada 13,9 juta perangkat, dan satu dari tiga perangkat itu diprediksi mempunyai koneksi Bluetooth.

id – rfbaxa

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s