Jakarta, Rifan Financindo – Siapa yang tidak ingin awet muda? Kebanyakan dari kita mengingankannya meski mungkin sulit untuk dicapai. Nah, belakangan studi telah menemukan cara awet muda yang sukses diterapkan pada tikus dan kedepannya mungkin juga manusia.

Lewat modifikasi genetik peneliti dari Salk Institute for Biological Studies membuat sel tubuh tikus dapat melambat penuaannya. Terbukti pada tikus yang sehat rata-rata umur mereka meningkat dari 18 minggu menjadi 24 minggu.

Pemimpin studi Juan Carlos Izpisua Belmonte mengatakan timnya menggunakan teknik pemrograman genom yang dapat membuat sel-sel kembali menjadi sel punca. Dengan teknik tersebut ia mengubah empat gen terkait bagaimana sel tubuh diatur agar lebih resistan terhadap penuaan.

“Kami tidak memperbaiki mutasi yang membuat penuaan prematur pada tikus-tikus ini. Apa yang kami lakukan adalah kami mengubah epigenom, menunjukkan bahwa penuaan adalah sebuah proses plastik,” kata Belmonte seperti dikutip dari jurnal Cell pada Selasa (20/12/2016).

Teknik yang sama juga telah dicoba pada tikus dengan progeria, sebuah kelainan di mana pengidap akan dengan cepat menua. Hasilnya sekali lagi terbukti bahwa jaringan-jaringan tikus tersebut menjadi lebih baik.

“Tentu saja tikus bukan manusia dan kita tahu akan lebih kompleks lagi untuk menerapkan teknik ini pada orang,” kata Belmonte.

“Tapi apa yang studi ini telah tunjukkan adalah bahwa proses penuaan ternyata sangat bersifat dinamis dan merupakan proses plastik. Oleh karena itu artinya penuaan bisa lebih mudah diintervensi terapi dari yang kita kira,” pungkas Belmonte.

PT Rifan Financindo

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s