Jakarta, PT Rifan Financindo Berjangka – Olahraga sebaiknya memang dilakukan secara rutin. Namun begitu, olahraga hanya di akhir pekan terbukti tetap memberikan manfaat dibandingkan tidak melakukannya sama sekali.

Temuan terbaru ini merupakan kabar gembira bagi para weekend warrior, yakni orang-orang yang gemar sekali olahraga tetapi hanya di akhir pekan. Pada hari-hari biasa, mereka terlalu sibuk sehingga tidak sempat melakukan banyak aktivitas fisik.

Penelitian yang dimuat di JAMA Internal Medicine tersebut membuktikan bahwa orang yang berolahraga hanya d akhir pekan punya risiko 30 persen lebih rendah untuk meninggal di usia dini. Tentu saja jika olahraga rutin, risikonya bisa terpangkas hingga 35 persen. Demikian dikutip dari Livescience.

Para weekend warrior yang terlibat dalam penelitian tersebut bahkan tidak memenuhi jumlah waktu minimal yang dianjurkan untuk olahraga. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan atau sedang minimal selama 150 menit dalam sepekan.

Selain lebih terlindungi dari kematian dini, jika dibandingkan dengan tidak olahraga sama sekali, para weekend warrior juga punya risiko lebih rendah untuk terserang penyakit jantung. Mereka punya risiko 40 persen lebih rendah untuk meninggal karena penyakit tersebut, dan 20 persen lebih rendah untuk meninggal karena kanker.

Walau olahraga hanya di akhir pekan sudah bisa memberi manfaat, olahraga secara rutin tetap lebih dianjurkan. Selain anjuran untuk olahraga selama 150 menit dalam sepekan, ada pula anjuran untuk berolahraga secara teratur minimal 3 kali dalam sepekan.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s