Jakarta, Rifan Financindo – Anak bisa memiliki berjuta pertanyaan terkait sesuatu yang ingin ia ketahui. Untuk mencari jawabannya, berbagai cara bisa dilakukan anak. Termasuk dengan membaca buku atau bahkan ‘berselancar’ di internet.

Nah, terkait hal ini, psikolog dra Ratih Andjayani Ibrahim M.Psi mengatakan, anak mencari informasi sendiri dengan membaca buku maupun browsing di internet merupakan bagian dari pembelajaran. Dikatakan Ratih, kegiatan itu juga bisa menjadi ajang interaksi anak dengan dunia luar.

Namun sebagai orang tua, Ratih mengingatkan agar ayah dan ibu tetap menemani si kecil ketika ia membaca buku ataupun browsing di internet guna mencari informasi soal sesuatu yang ingin ia ketahui. Dengan begitu, anak bisa terarahkan.

“Makanya jadi ibu harus open minded dan banyak ilmu. Jangan lihat anak browsing dikit langsung ngelarang padahal belum tentu itu nggak baik,” tutur Ratih dalam acara peluncuran buku ‘I Am Me’ di Kinokuniya Book Strore, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

“Nah ketika anak sudah banyak membaca, dia jadi punya banyak pertanyaan. Di situ ibu harus dapat menjelaskan,” sambung psikolog sekaligus CEO Personal Growth ini.

Ratih juga mengatakan anak akan menjadi pribadi yang penakut ketika orangtua tidak memiliki banyak informasi dan open minded saat anak bertanya. Oleh karena itu ia mengingatkan kepada orang tua untuk terus menambah informasi.

“Bekali diri dengan amunisi seperti pengetahuan. Jadi rajin-rajin datang ke toko buku bersama anak, membaca bersama. Selain itu orang tua juga harus open minded dan open hearted agar anak dapat melihat orang tua sebagai pribadi yang cool,” pungkas Ratih.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s