Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Penggunaan sistem region free sepertinya sudah mulai diterapkan oleh produsen konsol game. Setelah secara bertahap dimulai oleh Sony dan Microsoft, kabarnya Nintendo juga akan menempuh jalur serupa.

Hal tersebut dibeberkan sendiri oleh Nintendo of America melalui akun Twitter-nya. Mereka menyebutkan kalau Nintendo Switch tidak akan menerapkan sistem region-locking dalam software yang diusungnya.

“Nintendo tidak akan menerapkan region-locking pada software #NintendoSwitch,” kicau @NintendoAmerica, demikian seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Selasa (17/1/2017).

Adapun keuntungan penerapan region-free adalah gamer bisa membeli game apapun di manapun di seluruh dunia. Termasuk konsolnya sendiri, di manapun Nintendo Switch di beli, gamer tak perlu kuatir dengan keterbatasan region. Apapun gamenya dipastikan bisa dimainkan, meski membelinya di beda-beda negara.

Tapi mungkin bakal ada satu masalah yang mungkin ditemui gamer. Dengan region-free, kemungkinan seluruh konten akan dibuat global. Sehingga konten lokal mungkin akan lebih sulit ditemui, seperti penggunaan bahasa tertentu.

Kalau pun ada yang kontennya lokal, seperti misalnya game-gamer eksklusif berbahasa Jepang, gamer dipaksa mengerti bahasanya bila ingin memainkan game-game eksklusif negara matahari terbit tersebut.

Singkatnya, tak ada batasan region bikin developer Jepang bebas memasarkan gamenya tanpa perlu menyiapkan versi berbahasa Inggris.

RifanFinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s