Jakarta, PT Rifan Financindo – Google Assistant segera punya fungsi baru yang canggih. Asisten virtual ini bakal bisa melakukan pembayaran dengan memanfaatkan perangkat atau layanan berbasis artificial inteligent (AI) alias kecerdasan buatan.

Belum diketahui secara jelas, bagaimana cara kerjanya. Informasi ini sendiri bersumber dari sejumlah developer yang menyebutkan fitur tersebut masih dalam pengembangan dan belum akan diimplementasikan.

Dikutip detikINET dari The Next Web, Rabu (18/1/2017), kabarnya fitur ini memungkinkan pengguna membayar pembelian melalui ponsel Google Pixel, dan juga mengontrol perangkat mana yang punya akses melakukan pembayaran, seperti speaker pintar Google Home.

d26d54da-95d5-44bf-8317-50fcdeffb4c1_169

Sebagai gambaran, sistem pembayaran ini mirip dengan yang ditawarkan Amazon, yakni dengan mengandalkan asisten digital Alexa yang dibenamkan pada speaker pintar Amazon Echo dan Echo Dot.

Di dalamnya, detail kartu kredit pengguna sudah terasosiasi dengan akun si pengguna, sehingga pengguna mendapatkan fungsi pembayaran sekali klik atau sekali perintah menggunakan perintah suara. Dari sini, pengguna tinggal memberikan perintah ketika akan berbelanja di Amazon.

Google sendiri belum memberikan bocoran apapun terkait dengan fungsi baru ini. Untuk mengetahui fitur tersebut lebih detail, harus menunggu sampai Google merilisnya nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s