Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Jerawat merupakan masalah umum yang biasa dialami oleh setiap insan. Salah satu jenis jerawat yang cukup mengganggu rasa percaya diri adalah jerawat batu.

Jerawat yang memiliki nama latin Cystic Acne ini memiliki ukuran besar karena terjadi peradangan di sekitar jerawat sehingga membuat ukuran jerawat tersebut tampak lebih besar dari jerawat pada umumnya.

“Jerawat batu merupakan istilah awam yang sebenarnya merupakan jerawat besar akibat peradangan kuman penyebab jerawat, atau diperparah kuman lain dari tangan akibat kebiasaan memencet jerawat,” tutur dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Nindita Hapsari Susanti, Sp.KK.

Wanita yang akrab disapa dr Nindita ini menambahkan bahwa jerawat batu merupakan jerawat yang dapat tumbuh di mana saja. Tidak hanya di bagian wajah, jerawat batu juga bisa muncul di bagian punggung, leher, dan juga dada.

Sementara itu, kata dr Arieffah, SpKK cara menghilangkan jerawat batu adalah dikeluarkan dengan menggunakan sendok unna yang berbentuk bulat di ujungnya. Jerawat batu dikatakan parah bila menyebabkan benjolan yang nyeri, merah, dan membengkak besar akibat terkena infeksi.

“Saat jerawat batu telah terinfeksi, biasanya dokter akan memberikan pengobatan menggunakan antibiotik (minum dan oles) dan obat antiradang untuk mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan,” kata dr Arieffah.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s