Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Hari ini, pengguna Google Indonesia akan disapa dengan gambar karakter Pramoedya Ananta Toer sedang asyik mengetik. Rupanya, raksasa mesin cari ini ikut memperingati hari kelahiran sang sastrawan besar.

Gambar Pramoedya itu awalnya statis alias tidak bergerak. Namun begitu tombol play ditekan, maka karakter Pramoedya akan terlihat bergerak mengetik di mesin ketik. Tekan lagi, maka tampillah beragam informasi mengenai Pramoedya.

Pramoedya lahir pada tanggal 6 Februari 1925 dan meninggal pada 30 April 2006 di usia 81 tahun. Karya Pram yang terkenal antara lain tetralogi Buru, yang merupakan novel yang terdiri dari empat judul, yaitu Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca.

Pram bahkan disebut-sebut pantas menjadi kandidat Nobel Sastra. Ia pun telah meraih banyak penghargaan internasional karena karya-karyanya.

Dia kerap mengkritik pemerintah dengan berbagai tulisannya, sehingga kerap bermasalah dengan penguasa. Maka sejak muda, Pram pun akrab dengan penjara.

Dia pernah ditahan pada tahun 1947-1949. Tahun 1965 hingga 1979, dia pun kembali ditahan di beberapa tempat seperti di penjara Jakarta, Tangerang, Nusakambangan, Magelang, Semarang dan Pulau Buru.

Karyanya juga banyak yang dibakar dan dilarang terbit. Kemudian, zaman telah banyak berubah. Rezim berganti. Karya-karya Pram hingga kini banyak dicetak ulang dan memenuhi toko-toko buku terkemuka.

RifanFinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s