Jakarta, Rifan Financindo – Facebook tampak kembali mempertimbangkan tombol ‘dislike’. Tombol tersebut muncul di uji coba fitur terbaru di Messenger.

Situs TechCrunch mendapati rencana pembaharuan Facebook Messenger dengan tombol dislike. Tombol itu merupakan bagian dari satu paket emoji reaksi yang bisa diberikan pengguna ke setiap teks yang dikirim lawan ngobrol di Messenger.

“Kami selalu menguji cara membuat Messenger makin menyenangkan dan menarik. Ini uji coba kecil di mana kami membuat emoji yang bisa mewakili perasaan mereka di sebuah pesan,” ujar perwakilan Facebook kepada TechCrunch, Minggu (5/3).

Facebook memastikan emoji jempol ke bawah hanya akan ada di Messenger. Sementara di News Feed, mereka masih enggan menyematkannya.

Padahal sudah sejak lama tombol dislike menjadi fitur yang paling diharapkan pengguna Facebook. Sejak awal berdiri, jejaring sosial bikinan Mark Zuckerberg ini memang selalu menolak ide tersebut.

Bagi mereka, tombol dislike adalah bentuk penolakan atas ekspresi yang tersebar di komunitas mereka. Facebook tidak mau ada reaksi negatif berlebihan di platform mereka.

Lihat juga: Facebook Mulai Uji Tombol Dislike, Untuk Apa?

Untuk mengakali permintaan tersebut, Facebook membuat paket emoji reaksi pada tahun lalu. Pengguna bisa memberikan beragam tanggapan yang diwakili emoji untuk setiap postingan yang diunggah seseorang.

Dalam uji coba fitur baru itu, Facebook juga memasang penghitung reaksi untuk setiap teks di Messenger. Tujuannya untuk membantu sebuah grup chat membuat keputusan dalam sebuah disksusi atau koordinasi.

Menurut mereka, aplikasi Messenger sering digunakan sebagai alat berkoordinasi dan perencanaan. Dengan emoji reaksi di setiap teks, termasuk emoji dislike, Messenger bisa menjelma sebagai alat voting.

Uji coba fitur baru ini hanya berjalan bagi sejumlah kecil pengguna Messenger. Namun pihak Facebook tidak bisa memastikan kapan fitur ini akan bergulir untuk semua pengguna Messenger ataupun di News Feed Facebook.

RifanFinancindo

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s