Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – 

Intel akan menggelontorkan dana sebesar USD 15,3 miliar untuk membeli sebuah startup pembuat teknologi mobil otonom bernama Mobileye.

Akuisisi startup asal Israel itu membuat Intel bersaing langsung dengan Nvidia dan Qualcomm, yang sama-sama tengah mengembangkan sistem mobil otonom untuk berbagai perusahaan pembuat mobil di seluruh dunia, seperti detikINET kutip Reuters, Rabu (15/3/2017).

Intel sendiri sebelumnya menyebut ‘hanya’ akan mengeluarkan uang sebanyak USD 250 juta selama dua tahun ke depan untuk pengembangan mobil otonom, namun mereka malah mengakuisisi Mobileye dengan nilai fantastis, USD 15,3 juta.

Lihat juga: Ada 48 Juta Akun Twitter Bukan Manusia | PT Rifan Financindo

Uang sebanyak itu setara dengan 60 kali lipat pendapatan tahunan Mobileye. Intel membayar saham Mobileye dengan harga USD 63,54 per lembarnya, atau 33% di atas harga saham mereka pada penutupan terakhir, yaitu USD 47 per lembar saham.

“Akuisisi Mobileye bisa menyatukan aset Intel seperti prosesor Xeon, FPGA, memori 3D XPoint dan modem 5G dengan pemimpin teknologi di bidang pemindaian komputer otomotif,” tulis CEO Intel Brian Krzanich dalam keterangannya.

Mobileye adalah perusahaan yang mengembangkan sistem dan chip untuk membantu navigasi kendaraan secara otonom dan bisa memberikan peringatan sebelum mobil bertabrakan. Teknologi buatan mereka sebelumnya sempat digunakan di mobil otonom Tesla.

RifanFinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s