Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen) Kementerian Keuangan memutuskan untuk memperpanjang waktu administrasi pelaporan SPT Tahunan PPh periode 2016. Perpanjangan waktu itu diberikan untuk wajib pajak orang pribadi hingga 21 April 2017.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, relaksasi waktu pelaporan SPT tahunan itu juga ditujukan untuk para peserta tax amnesty.

“Maksudnya begini mereka yang ikut tax amnesty baik perorangan maupun badan, itukan barangkali ada aset-aset yang punya penghasilan. Setelah diberikan ampunan sampai akhir tahun 2015 kemarin, itukan 2016 ada penghasilannya juga, kan harus dilaporkan juga,” tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Lihat juga:  Soal Tax Amnesty Tak Capai Target, Ini Kata Ditjen Pajak | PT Rifan Financindo

Mardiasmo menjelaskan, untuk program tax amnesty yang bergulir sejak Juli 2016 untuk mengampuni harta yang tidak terungkap pada SPT 2015 ke belakang. Sementara itu belum tercatat di SPT 2016.

“Jadi setelah diampuni kekayaannya sampai akhir 2015 penghasilannya itu dimasukkan juga dong sebagai SPT untuk 2016. Jadi misalkan saya punya salon di masukkan, punya rumahh yang disewakan dimasukkan. Asetnya dilaporkan dan penghasilan dari situ di laporkan,” terangnya.

Selain itu masa berakhirnya tax amnesty dengan pelaporan SPT Tahunan 2016 berbarengan. Dengan diperpanjangnya masa pelaporan SPT maka peserta tax amnesty mempunyai ruang waktu juga untuk sekaligus mengisi SPT 2016 setelah catatan hitamnya dihapuskan.

“Sehingga pada saat menyerahkan tax amnesty masih ada waktu. Mereka punya 21 hari untuk serahkan SPT PPh-nya. Itu logikanya,” pungkas Mardiasmo.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s