Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Kalau di China ada Baidu yang jadi Mbah Google-nya China, dan Weibo yang jadi Twitter-nya China, maka ke depan juga bakal muncul Wikipedia-nya China.

Menariknya lagi, layanan mirip Wikipedia itu pun dipastikan mendapat dukungan penuh dari pemerintahnya sendiri. Tak tanggung-tanggung, bahkan China disebutkan sampai menyiapkan 20 ribu orang dalam pengembangannya.

Yang membedakan antara Wikipedia ‘asli’ dengan bikinan China terletak di kontennya. Kalau Wikipedia berisi informasi mengenai berbagai hal dari seluruh dunia, maka versi China akan lebih fokus pada banyak pencapaian teknologi yang telah dilakukan China, ilmu pengetahuan, budaya, dan juga sejarah negeri tirai bambu ini.

Yang Muzhi, yang dipercaya sebagai sebagai editor-in-chief program tersebut pun mengatakan Wikipedia versi China sebagai ‘a Great Wall of Culture’.

Lihat juga: Aplikasi Grab di iOS Tampil Segar | PT Rifan Financindo

Seperti detikINET kutip dari The Next Web, Rabu (3/5/2017), Wikipedia versi China dijanjikan sudah akan bisa diakses pada tahun 2018 mendatang. Sebanyak 300 ribu artikel dengan masing-masing artikelnya berisi seribu kalimat siap memanjakan pengguna.

Terkait Wikipedia ‘asli’, ensiklopedia online ini sudah beberapa kali diblokir di China sejak pertama kali dilakukan 13 belas tahun lalu. Kini setelah melalui beberapa kali pemblokiran dan pembukaan akses, China pun memutuskan membuat versinya sendiri.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s