Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Kontrak emas berjangka di COMEX New York Mercantile Exchange ditutup menguat pada Kamis waktu Amerika Serikat (AS). Penguatan ditengarai karena pelemahan dolar AS, serta penurunan pasar ekuitas di AS dan negara-negara di Eropa.

Mengutip Xinhua, Jumat (12/5), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni meningkat US$5,3 atau 0,43 persen menjadi US$1.224,20 per ons troi.

Dolar AS yang diukur dengan Indeks Dolar AS diperdagangkan kurang dari 0,1 persen atau lebih rendah pada pukul 18.25 GMT. Namun, diperkirakan akan mencatat kenaikan mingguan sekitar satu persen. Sementara itu, pasar ekuitas AS dan Eropa memperlihatkan kerugian yang luas.

Lihat juga: Austria Minta Facebook Hapus Ujaran Kebencian | Rifan Financindo

Jeda dalam penguatan greenback, serta penurunan di pasar saham, membantu membuat emas lebih menarik bagi para investor.

Logam kuning sempat memangkas kenaikannya setelah data kemarin menunjukkan harga produsen AS naik 0,5 persen pada April, yang lebih baik dari ekspektasi para ekonom.

Adapun, perak untuk pengiriman Juli bertambah 5,8 sen atau 0,36 persen ditutup pada US$16,265 per ons troi. Platinum untuk pengiriman Juli naik US$7,8 atau 0,86 persen menjadi ditutup pada US$917,7 per ons troi.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s