Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Nicky Hayden sudah menutup kariernya yang panjang sebagai pebalap motor. Dia merupakan anak kecil asal Kentucky, AS, yang berhasil menaklukkan MotoGP.

Hayden tutup usia di umur 35 tahun. Luka parah di kepala karena kecelakaan saat mengendarai sepeda di jalan raya menjadi penyebabnya.

Sempat mendapatkan perawatan hampir sepekan di rumah sakit di Cesena, Italia, Hayden akhirnya tak bisa bertahan lagi. Dia dikabarkan meninggal, Senin (22/5/2017) malam WIB.

Perjalanan Hayden menjadi pebalap MotoGP sudah dimulai sejak usia tiga tahun. Dua tahun berselang, dia sudah beradu cepat dengan saudara-saudaranya, Tommy dan Roger Lee Hayden, di trek yang ada di sekitar rumah mereka.

Hayden dengan cepat pindah ke motor dengan silinder kecil, 125cc. Lalu seiring bertambahnya usia berkompetisi di ajang AMA.

Kariernya sebagai pebalap profesional dimulai saat dirinya berusia 16 tahun pada tahun 1997. Dia sudah mengendarai motor di ajang AMA 750 dan kelas 600cc supersport.

Tiga tahun di sana, Hayden bisa menjadi pemenang di ajang AMA Superbike. Ajang ini yang mengantarkan dirinya bergabung dengan Honda. Di tahun 2003, bakat besar Hayden diendus oleh HRC. Hayden langsung ditarik, menjadi rekan setim Valentino Rossi.

Lihat juga: Nicky Hayden Meninggal Dunia | PT Rifan Financindo

Cuma berpasangan setahun, Hayden lalu melihat Rossi hengkang ke Yamaha. Kepindahan Rossi ini kemudian yang memicu kesuksesan Hayden di Honda.

Pada tahun 2006, Hayden bisa bersaing di papan atas klasemen pebalap. Dia menjadi juara di ajang MotoGP di tahun itu, yang memutus laju Rossi untuk menjadi juara dunia MotoGP untuk keenam kali.

Hayden menjadi rider di MotoGP selama 14 musim balap. Selain Honda, dia juga pernah memperkuat Ducati, Aspar, dan Marc VDS.

Di tahun 2016, Hayden memutuskan pindah ke ajang Superbike. Di tahun lalu, dia finis diurutan kelima. Sementara di tahun ini, dia masih kesulitan bersaing dengan lebih banyak gagal finis.

Pada pertengahan Mei lalu, Hayden baru saja mejalani balapan superbike seri Italia, di Misano. Keputusannya untuk bersepeda usai memacu kendaraan di trek, malah membuatnya mengalami kecelakaan.

Usai dirawat nyaris seminggu, Hayden akhirnya tutup usia. Pengumuman itu dilakukan hari ini oleh pihak rumah sakit. Selamat jalan,Nicky!

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s