Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Tak sedikit orang yang ingin memanfaatkan momen puasa di bulan Ramadan untuk juga menurunkan berat badan. Jika Anda juga demikian, hindari ‘kalap’ saat berbuka ya.

Ketika tiba waktunya untuk berbuka puasa, berikan jeda bagi sistem pencernaan untuk mencerna perlahan. Hindari langsung makan banyak karena selain memberatkan sistem pencernaan, kebiasaan ini juga bisa bikin gemuk.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, sebaiknya saat berbuka kali pertama pilihlah makanan seporsi camilan saja. Ini supaya lambung dan sistem metabolisme tubuh tidak ‘kaget’.

“Biar tubuh tidak kaget setelah diam seharian, jangan langsung tiba-tiba ditimpa beban berat,” ungkap Victoria kepada detikHealth.

Menurut Victoria, pilihan terbaik adalah yang natural, berserat dan mengandung karbohidrat seperti buah kurma maupun buah-buah lainnya. Jangan lupa ditambah asupan cairan untuk rehidrasi tubuh.

Setelah camilan sehat tersebut, atau setidaknya sekitar satu jam kemudian Anda bisa mengonsumsi makan malam. Jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat makan malam di antaranya yang mempunyai kandungan protein tinggi, tidak terlalu tinggi lemak, rendah indeks glikemik dan tinggi serat.

Lihat juga: Saran Ditjen Pajak Agar Tak Was-was Rekening Diintip | PT Rifan Financindo

Jenis makanan ini memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama, dibandingkan dengan makanan yang indeks glikemiknya tinggi seperti sirup, teh manis dan gula-gula.

“Pilihlah potongan daging atau ayam yang tidak berlemak atau sisihkan lemak dan kulit yang menempel. Untuk produk susu, pilihlah yang rendah lemak. Cara memasak jangan melulu digoreng dan digulai, tapi dikombinasi misalnya direbus, dikukus, dipanggang, atau dicah,” pesan Victoria.

 

 

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s