Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Setelah Gear VR yang digarap Samsung bersama Oculus, kini pabrikan asal Korea Selatan itu disebut tengah menggarap perangkat virtual reality (VR) sejenis yang lebih canggih.

Berbeda dengan Gear VR yang tetap membutuhkan smartphone tertentu, perangkat VR anyar ini akan bisa berdiri sendiri, karena sudah dilengkapi dengan ‘otak’ sendiri, lengkap dengan layar dengan kepadatan pixel yang tinggi.

Layar itu sendiri kabarnya dibuat oleh Samsung Display, yang diminta untuk mengembangkan Fine Metal Mask (FMM) dengan kepadatan 2.000 pixel per inch (PPI) untuk Gear VR anyar, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (22/6/2017).

FMM sendiri adalah komponen yang digunakan di layar OLED dan punya peran penting dalam kuantitas dan distribusi pixel. Samsung pun kabarnya tengah mengembangkan layar OLED dengan resolusi super besar untuk perangkat VR. Layar Ini disebut 1000 kali lebih responsif ketimbang layar LCD biasa.

Lihat juga: Ganjil-Genap Tak Diberlakukan Selama Libur Lebaran | PT Rifan Financindo

Jika benar Samsung bisa memproduksi layar dengan kepadatan pixel 2.000 ppi, artinya mereka bisa menyalip Oculus Rift yang kepadatan layarnya hanya 460 ppi, yang merupakan tertinggi di pasaran saat ini.

Meski sebenarnya banyak peneliti yang menganggap kalau mata manusia tak bisa membedakan detail layar dengan kepadatan di atas 300 ppi. Meskipun ada juga yang menganggap kalau kepadatan layar tinggi itu diperlukan untuk menghilangkan efek pusing dan mual saat menggunakan perangkat VR.

 

 

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s