Jakarta, Rifan Financindo – Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Hussein Obama dijadwalkan akan menghabiskan waktu liburannya di Kebun Raya Bogor bersama Presiden Joko Widodo siang ini. Kunjungan itu membuat Kebun Raya Bogor tidak dibuka untuk umum pada hari ini.

Pantauan di Kebun Raya Bogor, Jl Ir H Djuanda No 13, Bogor, Jumat (30/6/2017), tampak sebuah kertas ditempel di pagar pintu 2 Kebun Raya Bogor. Kertas itu juga ditempel di dinding. Kertas itu berisi pengumuman soal penutupan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor ditutup sementara selama kunjungan Obama.

“Mohon maaf kepada para pengunjung. Sehubungan dengan adanya kunjungan tamu negara, pada hari ini, Jumat tanggal 30 Juni 2017, Kebun Raya Bogor ditutup sementara dan dibuka kembali besok pada hari Sabtu tanggal 01 Juli 2017,” bunyi pesan tersebut.

Ditemui di lokasi, seorang petugas jaga membenarkan perihal penutupan Kebun Raya Bogor selama kedatangan Obama. Lokasi disterilkan dari pengunjung demi menyambut Obama. “Tutup. Iya, steril ada Obama. Sehari penuh,” kata petugas itu.

Lihat juga: Bank Mulai Kembali Operasional Pada 30 Juni | PT Rifan Financindo

Kekecewaan pun datang dari pengunjung. Salah satu pengunjung laki-laki dengan nada bercanda menyampaikan kekecewaannya usai mengetahui Kebun Raya Bogor ditutup.

Kebanyakan warga juga mengakui tidak mengetahui soal penutupan Kebun Raya Bogor. Mereka akhirnya balik badan dengan rasa kecewa setelah membaca pengumuman penutupan itu.

“Saya sempat lihat berita semalam, katanya kebun raya bogor tetap dibuka. Tapi ini kok malah ditutup. Seharusnya informasinya yang benar. Saya kecewa, sudah dari pagi saya kesini,” kata Ika (35), warga Sunter Jakarta Utara.

“Seharusnya ada informasi sehari sebelumnya, kalau memang mau ditutup. Ini kok jadi semaunya gini, kemarin ada berita kebun raya tetep buka, makanya kita tetap kesini,” sambung pengunjug lainny bernama Ridwan, warga Tanjungpriuk yang datang bersama keluarganya.

Sementara itu, pihak Kebun Raya Bogor mengakui bahwa penutupan ini dilakukan secara mendadak. Sebelumnya, pihak kebun raya memang menginformasikan kalau Kebun Raya Bogor tetap melayani kunjungan masyarakat umum meski ada kegiatan Barack Obama dan Presiden Jokowi di kafe Grand Garden.

“Ini memang mendadak, kita baru dapat konfirmasi tadi pagi jam 7. Dari Paspampres. Ini demi keamanan tamu vvip, tamu negara, kita mengikuti,” kata Kasubag Kerjasama dan Informasi Kebun Raya Bogor, Rosnia A Risna.

Selama berada di Kebun Raya Bogor, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku tuan rumah akan menjamu Obama dengan makanan khas lokal Indonesia seperti serabi dan kelapa. Pihak Grand Garden Cafe mengaku sudah dihubungi pihak Istana untuk mempersiapkan makanan itu.

“Iya, sudah diberi tahu. Kita diminta mempersiapkan kelapa dan serabi. Pak Obama akan makan serabi di sini,” kata Asep Saepudin, Supervisor Grand Garden Cafe.

Asep menyebut ada beberapa menu yang dipersiapkan. Namun menu lainnya itu akan dipersiapkan langsung oleh pihak Istana Bogor. “Iya, katanya juga ada bakso, sate, nasi goreng. Tapi itu yang siapin pihak Istana. Kalau kita hanya diminta siapkan kelapa dan serabi,” kata Asep.

RifanFinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s