Jakarta, Rifan Financindo – Pesawat R80 masuk Proyek Strategis Nasional. Pesawat ini akan digarap oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan ini didirikan mantan Presiden, BJ Habibie, bersama putranya, Ilham Akbar Habibie.

Pesawat R80 resmi masuk ke dalam PSN seiring sudah diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 58 Tahun 2017. Secara keseluruhan, lampiran Perpres tersebut mencantumkan 248 proyek yang masuk program Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, termasuk pesawat R80.

Pesawat R80 dibuat dengan tujuan mempermudah konektivitas dari satu tempat ke tempat lain di negara dengan bentuk kepulauan. Pesawat ini juga dilengkapi dengan teknologi fly by wire, yaitu sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

Lihat juga: Bikin Pesawat R80, Ilham Habibie Bakal Gandeng 2 BUMN | PT Rifan Financindo

“Inspirasinya tentu datang dari kebutuhan kita di Indonesia. Kalau kita lihat pesawat terbang kan kurang lebih sama ya ada sayap pesawat di tengah. Dua engine atau lebih tapi kebanyakan dua, dan kokpit di depan,” kata Komisaris RAI Ilham Habibie di Perpustakaan Habibie Ainun, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/8/2017).

Pesawat R80 mampu mengangkut 80-90 penumpang. Pesawat ini juga didesain dengan desain kokpit yang modern dan menjamin kenyamanan penumpang selama mengudara.

“Untuk menginspirasikan produk yang total baru, kurang lebih samalah yang penting adalah cocok dengan kebutuhan kita di Indonesia,” tutur Ilham.

Ilham menambahkan, dengan dikembangkannya pesawat R80 akan mempermudah akses dari satu tempat ke tempat lain, terlebih lagi Indonesia merupakan negara kepulauan.

“Teknologi pesawat terbang di Indonesia itu bermanfaat sekali buat kita. Apalagi kalau bicara dalam skenario pulau ke pulau karena memang di antara kota ada hutan ada gunung situasi kita beda dengan banyak negara lain,” kata Ilham.

 

 

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s