Jakarta, Rifan Financindo – Serbia sukses mengamankan tiket putaran final Piala Dunia 2018 di laga terakhir. Sementara Republik Irlandia memupuskan harapan Wales ke fase play-off.

Serbia memastikan kelolosan ke Rusia tahun depan usai menang tipis 1-0 atas Georgia di Stadion Rajko Mitic, Selasa (10/20/2017) dinihari WIB. Satu-satunya gol diciptakan oleh Aleksandar Prijovic di menit ke-74.

Kemenangan tipis itu membuat Serbia mengunci posisi teratas Grup D dengan nilai 21 dari 10 pertandingan. Mereka finis dua angka di depan Republik Irlandia, yang secara dramatis merebut posisi dua dari Wales.

Irlandia sejatinya dalam posisi kurang menguntungkan saat menjalani duel hidup-mati melawan Wales di Cardiff City Stadium. Mereka tertinggal satu poin dari Wales di posisi dua yang mengumpulkan 17 poin.

Tapi penampilan disiplin dan solid Irlandia sukses menghukum Wales. Meski terus ditekan dan hanya menguasai bola sebesar 29%, mereka memanfaatkan sedikit kesempatan dan kesalahan Wales untuk menang tipis 1-0.

Irlandia cuma melepaskan delapan tembakan dan dua di antaranya tepat target seperti dicatat ESPN. Sementara Wales mencatatkan 16 percobaan, empat darinya mengarah ke gawang.

Pada menit ke-57, bek Wales Ashley Williams melakukan kesalahan di sisi kiri pertahanan saat menerima umpan dari kiper, membuat bola direbut Jeff Hendrick. Hendrick lantas mengirimkan umpan tarik dan disambar James McClean dengan sepakan keras ke pojok kanan gawang Wales.

Gol tunggal McClean tersebut memastikan Irlandia finis sebagai runner-up, melewati Wales. Mereka mengoleksi nilai 19, unggul dua angka dari sang rival.

Tambahan tiga poin itu juga menempatkan Irlandia sebagai satu dari delapan tim runner-up terbaik dari sembilan grup. Mereka mengumpulkan nilai 13 dari delapan laga, menempati posisi delapan dengan unggul satu poin atas Slovakia yang paling berpotensi gagal ke play-off. Slovakia harus menunggu hasil Yunani dan Bosnia Herzegovina di Grup H untuk mengetahui nasib mereka.

Jika Bosnia menang sementara Yunani imbang atau kalah, maka Slovakia akan menggantikan posisi Yunani di klasemen play-off. Sementara Bosnia akan tetap tersingkir meski finis sebagai runner-up Grup H, karena akan berada di urutan sembilan play-off. Klasemen play-off ini hanya menghitung delapan pertandingan, mengesampingkan hasil yang dipetik atas tim juru kunci. PT Rifan Financindo

18ae9bad-86bb-4ab7-ba76-9b856fe865a7

sumber: detik

Baca juga:

Tinggalkan komentar