Jakarta, RifanFinancindo – Meskipun masih dalam tahap uji coba, namun peluncuran roket terkuat yang ada di dunia saat ini berhasil menarik animo yang besar di berbagai negara.

Dini hari tadi, Falcon Heavy telah sukses menjalani misi perdananya, yaitu melakukan uji coba peluncuran dari Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Momen bersejarah dalam dunia antariksa ini ditayangkan secara langsung oleh SpaceX melalui channel YouTube miliknya, yang sudah dimulai sejak 15 menit sebelum waktu peluncuran yang dijadwalkan, yaitu pada pukul 01.15 WIB.

Awalnya, Falcon Heavy direncanakan untuk meluncur pada 01.30 WIB, namun terpaksa diundur lebih dari dua jam setelahnya, yaitu pada 03.45, karena alasan yang tidak disebutkan.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak menghalangi roket terkuat sejagat ini untuk menyedot lebih dari 2,3 juta penonton di YouTube, seperti detikINET lansir dari The Verge, Rabu (7/2/2018)

Jumlah tersebut merupakan hasil dari akumulasi beberapa channel yang menyediakan layanan tayangan secara langsung dari peluncuran Falcon Heavy.

Angka tersebut menjadi yang terbesar kedua sepanjang sejarah. Posisi pertama masih diduduki oleh proyek Red Bull Stratos, kala seorang skydiver asal Austria bernama Felix Baumgartner terjun bebas dari stratosfer dengan ketinggian 39 kilometer dan jatuh di New Mexico, Amerika Serikat.

Peristiwa yang terjadi pada 14 Oktober 2012 ini sukses mendapat hampir empat kali lipat lebih banyak dari raihan peluncuran Falcon Heavy, yaitu sekitar 8 juta pemirsa yang menonton secara langsung.

Meskipun begitu, apa yang dilakukan oleh SpaceX masih belum selesai, mengingat masyarakat di seluruh dunia masih bisa menonton mobil Tesla Roadster dan Star Man yang mengarungi antariksa secara langsung.

Kini, mereka masih terpasang di bagian atas roket Falcon Heavy sembari menunggu nasib apakah dapat menyentuh orbit Mars atau tidak. Rifan Financindo

sumber: detik

Baca juga:

Tinggalkan komentar